Daftar Isi

Bandwidth Monitoring melalui Terminal Ubuntu


Bagi anda yang berperan sebagai admin, tentu bandwidth monitoring menjadi ‘makanan’ sehari-hari. Bandwidth monitoring adalah memonitor dan mengawasi jalannya lalu lintas data pada sebuah jaringan internet ataupun lokal. Dengan melakukan bandwidth monitoring, semua lalu lintas data dapat terbaca. Data dikirim ke mana dan dari mana, protokol apa yang digunakan, host mana yang banyak memakan bandwidth, dan lain-lain.
Ada banyak tools yang biasa digunakan untuk memonitor jaringan, salah satunya yang cukup populer adalah Wireshark. Wireshark adalah tools bandwidth multiplatform yang berbasis GUI. Untuk anda yang lebih senang bermain dengan shell, tak perlu khawatir. Berikut ini beberapa tools bandwidth monitoring yang berbasis shell.
1. bwm-ng
Tool ini terbilang sangat sederhana, yang hanya menampilkan keterangan bandwidth yang digunakan pada tiap-tiap interface. Dan untuk menginstallnya sebagai berikut :

$ sudo apt-get install bwm-ng
setelah terinstal, jalankan dengan mengetikkan perintah
$ bwm-ng
2. tcptrack
Dengan tcptrack ini kita dapat melihat bandwidth yang digunakan oleh tiap client ip. Dengan tool ini kita dapat mensorting pengguna bandwidth paling besar ke yang paling kecil, sehingga yang menggunakan bandwidth paling besar dapat diketahui. Namun tool ini juga masih tergolong sederhana karena dia mencatat secara total bandwidth total (upload/download) yang digunakan oleh tiap klien. Untuk intalasinya sebagai berikut :

$ sudo apt-get install tcptrack
setelah terinstal, jalankan dengan mengetikkan perintah
$ tcptrack -i eth0
3. iftop
Tool ini dapat dibilang lebih lengkap dari pada tcptrack yang tidak dapat melihat bandwidth upload dan download dari klien, dan dengan tool yang satu ini kita dapat melihatnya dengan baik. Dan sama seperti pada tcptrack, dengan tool ini kita juga dapat mensorting pengguna bandwidth dari yang kecil ke yang besar atau sebaliknya. Langsung saja untuk instalasinya sebagai berikut:

$ sudo apt-get install iftop
setelah terinstal, jalankan dengan mengetikkan perintah
$ iftop -i eth0
4. iptraf
Tool ini merupakan tool yang paling lengkap dari yang sebelumnya diatas, karena banyak yang dapat dilakukan dengan tool ini, semua feature yang ditawarkan pada tool sebelumnya dapat ditemukan pada tool ini. Sehingga cukup menginstall tool ini dapat melakukan 3 hal yang dapat dilakukan pada tool sebelumnya diatas. Langsung saja untuk instalasinya:

$ sudo apt-get install iptraf
setelah terinstal, jalankan dengan mengetikkan perintah
$ iptraf

0 Response to "Bandwidth Monitoring melalui Terminal Ubuntu"

Blog Terkait

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes